Senin, 31 Oktober 2011

BEDAH KARYA

Menikmati Lukisan Figuratif
karya MARWAN ABDULLAH

Ketertarikan terhadap perempuan dan kehidupannya tertangkap dari karya-karya Marwan Abdullah. Lukisannya konsisten dengan tema kehidupan perempuan terutama perempuan masa kini. Karya-karya Marwan Abdullah bercorak gemerlap dengan warna-warna kontras dan menggairahkan.

Kehidupan perempuan masa kini baginya adalah suatu hal yang menarik yang wajib untuk diabadikan dalam bentuk karya seni. Perempuan masa kini bukan lagi dianggap sebagai objek semata, namun telah masuk kedalam ruang bathinnya. Intuisinya mengalir tatkala sebidang kanvas dan seporsi cat acrilyc tertuang di atas sebuah palet. Perlahan-lahan namun pasti, tangannya menyapu habis lembaran putih itu dengan warna-warna yang didominasi warna primer, sapuan kuasnya dengan spontan membentuk figur-figur perempuan-perempuan masa kini yang telah terekam di dalam ruang bathinnya.

Mari kita coba menikmati satu persatu karya Marwan Abdullah ini, dengan fikiran yang sederhana namun kita harus berselancar lebih jauh untuk dapat menyentuh alam fikiran sang pelukisnya. Bentuk figur yang telah disederhanakan mengajak kita untuk menikmati karya visual  ini dengan mudah, sebab Marwan Abdullah telah menyajikannya dengan gamblang dan jelas. Tanpa harus meminta sang pelukisnya untuk bercerita panjang lebar tentang konsep berkaryanya. Kita tangkap dulu saja apa yang terpampang dan tersaji, kemudian baru kita sedikit merenung untuk menangkap pesan apa yang ingin disampaikan oleh sang pelukis.



Pelukis lulusan IKIP Jakarta ini setidaknya terpengaruh dengan aktifitasnya pada saat masih menjadi mahasiswa. Karikatur sebagai pilihan hatinya dalam beraktifitas membuat sang pelukis ini mengenal betul akan bentuk anatomi manusia terutama anatomi wanita. Baginya bukan sesuatu yang luar biasa untuk menggambarkan bentuk tubuh manusia sekali gus ekpresi wajah yang ingin dia tampilkan.

Lukisan ini bisa dibilang sebagai Modern Arts, semua ini karena pilihan tema, bentuk dan warna yang sedikit memberontak dari kaidah-kaidah seni murni yang ada selama ini. Demikianlah sedikit ulasan tentang karya lukis Marwan Abdullah, semoga dapat memperbesar apresiasi masyarakat terhadap Seni Lukis. Untuk Marwan Abdullah janganlah berhenti berkarya, tetap semangat dan makin kreatif! Selamat menikmati...... (pangestu69@gmail.com) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar