Jumat, 08 Juni 2012

Syukuran Setahun Komunitas Perupa Kota Tua

Istana Bogor menjelang sore (foto: sugeng)
Setahun perjalanan...

Minggu, 24 April 2011 silam, adalah awal pembentukkan Komunitas Perupa Kota Tua (KOTA). Dengan dihadiri sekitar 25 orang yang terdiri dari perupa dan beberapa penulis, kami membentuk sebuah organisasi dengan misi yang sederhana namun dibarengi dengan visi yang luar biasa. Hal itu sudah terjadi setahun yang lalu dan dilewati dengan berbagai cerita.

24 April 2012 tepat satahun perjalanan, Komunitas ini, sedang sibuk mempersiapkan karya sebagai partisipasi Pameran Besar Seni Rupa Manifesto #3 di Galeri Nasional Indonesia. Sehingga acara syukuran baru bisa terlaksana tgl 3 Juni 2012 di Kebun Raya Bogor. Terlambat memang.... namun esensi dari syukuran 1 tahun perjalanan Komunitas ini tidak hilang begitu saja. 

Foto bersama menjelang pulang      (foto: wawan)
Evaluasi dan penerungan lebih mendominasi acara ini. Setahun bukan waktu yang cukup untuk terbentuknya organisasi yang mandiri. Namun ada banyak hal yang telah dilakukan komunitas ini sesuai dengan visi dan misinya. Puji Syukur atas bimbingan yang Maha Kuasa sehingga komunitas yang bertujuan mulia ini tetap berdiri kokoh meskipun ada sandungan akibat kerikil-kerikil kecil di setiap perjalannya.

Hasil evaluasi bersama menghasilkan sebuah catatan-catatan kecil yang segera akan dibenahi dan diperbaiki. Dibarengi dengan perenungan akan langkah-langkah yang telah dilakukan juga telah membuahkan sebuah harapan di masa mendatang sehingga kami dengan anggota yang ada tetap optimis dan semangat.

Kehadiran Toto Skest dan Arifin merupakan sebuah dukungan bagi Komunitas Perupa Kota Tua untuk tetap semangat. Dan kami yakin bahwa 2 orang itu adalah hanya sebagian kecil dari dukungan kalangan seniman, masih banyak lagi dukungan yang mungkin tidak terucap secara eksplisit.

Nasi Tumpeng hanya sebuah tradisi....

Tumpeng 1 tahun KOTA
Acara ini diawali dengan do'a bersama dan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua Komunitas Achmad Syahri. Potongan pertama secara simbolik diserahkan kepada Pembina Komunitas Tri Sabariman. Semula acara ini akan dihadiri oleh H. Diyen (salah satu Pembina Komunitas) namun beliau tidak bisa hadir karena ada kegiatan lain. 

Tumpeng hanyalah sebuah tradisi dan bukan sesuatu yang harus. Tumpeng dengan makna filosofi yang tersirat didalamnya sangat baik untuk kita renungkan bersama. Tumpeng yang berbetuk kerucut seperti gunung melambangkan sebuah harapan dan nasi yang berwarna kuning melambangkan kejayaan, dan lauk pakuk yang mengelilingi tumpeng sebagai eimbol kebersamaan dan gotong royong, itu hanya sebagian kecil dari filosofi tentang tumpeng. Karena tumpeng ini tidak dimaksudkan untuk ritual dan hanya seremonial maka filosofinya disederhanakan saja.

Pemotongan Tumpeng
Penyerahan pucuk tumpeng kepada Pembina Komunitas


Setelah pemotongan tumpeng, dilajutkan dengan kesan dan pesan dari Ketua dan Pembina Komunitas serta para pengurus dan anggota lainnya. Cukup sudah kami berbicang-bincang sambil menikmati nasi tumpeng, acara dilanjutkan dengan pembuatan sketsa dengan objek sekitar Kebun Raya Bogor, Seluruh peserta acara ini memilih lokasi sesuka hatinya.

Menjelang sore kami berkumpul kembali ke lokasi semula. Karya sketsa dikumpulkan dan di jejerkan di pinggir jalan sekitar danau di depan Istana Bogor. Tidak sedikit pengunjung yang lewat dan berhenti untuk sekedar mengamati apa yang dilakukan oleh anggota komunitas. Dalam kesempatan ini Toto Skets sengaja beraksi membuat sketsa wajah Ajul Jiung dan banyak pengunjung yang terkagum-kagum menyaksikan kelihaian tangan Toto Skets dalam menggoreskan pensil.

Itulah sedikit cerita tentang kegiatan Komunitas Perupa Kota Tua dalam rangka syukuran 1 tahun perjalanan komunitas. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat terutama dalam rangka meningkatkan apresiasi seni dalam masyarakat. Bravo dan tetap semangat! (Estu) 


Baru sekedar bergaya hasil liat nanti

Sana Rosdiana disket oleh Toto Skets

Hasil Sketsa di Pamerkan

Ajul Jiung dan Toto Skets

Pengunjung antusias melihat aksi Ajul Jiung







2 komentar:

  1. informai yang sangat menarik makasih sudah disampaikan salam sukses selalu !

    BalasHapus
  2. kalo mau gabung komunitasnya caranya gimana ya? boleh minta contact personnya?

    BalasHapus